Sistem Online Pendapatan Daerah
SOPD adalah sistem informasi yang dirancang untuk menunjang pemerintah daerah dalam pengelolaan dan penatausahaan Pajak Asli Daerah (PAD). Penggunaan SOPD menjadi hal yang urgensi bagi pemerintah daerah mengingat salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan pada pemerintah daerah adalah adanya kapasitas daerah untuk mencapai tingkat kemampuan keuangan tertentu untuk membiayai seluruh kebutuhan daerah.
Mengapa SOPD ?
Fitur online membuat SOPD dapat terhubung dengan sistem lain yang terkait meskipun berada di tempat terpisah dan jauh selagi memiliki sambungan internet. Sistem online juga memungkinkan laporan yang dihasilkan dapat dilaksanakan secara real-time. Sehingga dalam prespektif pengambilan keputusan, semakin cepat dan tepat laporan dihasilkan, maka makin baik proses pengambilan keputusan.
Keunggulan
1.
Efektif
Sebagai produk sistem informasi SOPD dirancang sesuai dengan kebutuhan
pemerintah daerah berdasarkan tugas, pokok, dan fungsi yang diamanatkan
undang-undang dan peraturan yang berlaku. Selain itu teknologi sistem di
dalamnya menghasilkan data dan informasi yang akurat. Sehingga secara langsung
dapat membantu kerja aparatur sipil negara dan kinerja OPD secara umum.
2.
Efisien
Dari mulai perhitungan, penambahan, pengurangan, perumusan, serta penyusunan
tabel dapat terotomatisasi dalam SOPD, sehingga bukan saja waktu yang dapat
dihemat namun juga tenaga dan biaya
3.
Adaptif
SOPD dapat dimodifikasi menyesuaikan dengan dinamika pemerintahan terutama yang
diakibatkan oleh perubahan ataupun penambahan perundangan dan peraturan yang
berlaku
4.
Aman
Penggunaan sistem yang termutakhir dan otorisasi pengguna berlapis membuat SOPD
aman dari pelanggaran privasi
5. Informatif
SOPD menghasilkan beragam laporan yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Laporan yang dihasilkan tidak saja berguna untuk menyelesaikan kewajiban dalam pertanggungjawaban, namun berguna sebagai bahan dalam pengambilan keputusan
6.
Integratif
Mengingat pengelolaan keuangan daerah yang secara global bersifat kesatuan,
maka SOPD sengaja diciptakan terbuka untuk berintegrasi dengan produk aplikasi keuangan
perusahaan kami
7. Interoperabilitas
SOPD memiliki kapabilitas antarmuka untuk berinteraksi dan berfungsi dengan produk atau sistem lain tanpa batasan akses atau implementasi
Paket Layanan Tambahan
1. Asistensi
SOPD yang telah terpasang dapat diikuti dengan bantuan layanan akuntan dan implementator dalam rangka menghasilkan laporan yang dibutuhkan dari awal hingga akhir laporan keuangan.
2. Pelatihan
Kami menyediakan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara
(ASN) akan peningkatan pemahaman akuntansi keuangan serta penajaman kemampuan
mengoperasikan aplikasi akuntansi keuangan dalam rangka kesuksesan menghasilkan
pertanggungjawaban pelaporan keuangan pemerintah daerah
3. Integrasi
Produk aplikasi kami sengaja diciptakan dinamis dan terbuka sehingga mampu
beradaptasi dengan kebutuhan yang dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh sebabnya
kami menyediakan layanan penggabungan atau peleburan beberapa sistem yang masih
produk perusahaan kami kedalam satu paket.
4.
Interoperabilitas
Kami melayani penyambungan akses dari produk sistem kami ke produk sistem
lain seperti milik pemerintah pusat misalnya yang antar mukanya (interface) dapat berinteraksi dan
berfungsi untuk berbagai keperluan
Penyediaan Perangkat Keras
- Server
- Jaringan LAN
- Interoperabilitas Antar Jaringan
Mesin Po