Deskripsi Produk
Sistem Informasi Manajemen Keuangan Desa
Perancangan SIMAKDES tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan desa untuk mengelola keuangan serta menciptakan laporan sebagai pertanggungjawaban penggunaan keuangan desa. Sistem informasi ini kompatibel dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dan kemudian diikuti berturut-turut oleh Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, dan Peraturan Menteri Desa Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2016 tentang perubahan kedua Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN.
Mengapa SIMAKDES ?
SIMAKDES mencakup seluruh siklus pengelolaan keuangan dari mulai perencanaan, penganggaran, penatausahaan, hingga pelaporan keuangan yang kesemuanya dirangkum dalam menu dan modul yang telah disediakan.
Keunggulan ?
1.
Efektif
Sebagai produk sistem informasi SIMAKDES dirancang sesuai dengan kebutuhan
pemerintah daerah berdasarkan tugas, pokok, dan fungsi yang diamanatkan
undang-undang dan peraturan yang berlaku. Selain itu teknologi sistem di
dalamnya menghasilkan data dan informasi yang akurat. Sehingga secara langsung
dapat membantu kerja aparatur sipil negara serta kinerja OPD secara umum.
2.
Efisien
Dari mulai perhitungan, penambahan, pengurangan, perumusan, serta penyusunan
tabel dapat terotomatisasi dalam SIMAKDES, sehingga bukan saja waktu yang dapat
dihemat namun juga tenaga dan biaya
3.
Adaptif
SIMAKDES dapat dimodifikasi menyesuaikan dengan dinamika pemerintahan terutama
yang diakibatkan oleh perubahan ataupun penambahan perundangan dan peraturan
yang berlaku
4.
Aman
Penggunaan sistem yang termutakhir dan otorisasi pengguna berlapis membuat SIMAKDES
aman dari pelanggaran privasi
5. Informatif
SIMAKDES menghasilkan beragam laporan yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Laporan yang dihasilkan tidak saja berguna untuk menyelesaikan kewajiban dalam pertanggungjawaban, namun berguna sebagai bahan dalam pengambilan keputusan
Paket Layanan Tambahan
1. Asistensi
SIMAKDES yang telah terpasang dapat diikuti dengan bantuan layanan akuntan
dan implementator dalam rangka menghasilkan laporan yang dibutuhkan dari awal
hingga akhir laporan keuangan.
2. Pelatihan
Kami menyediakan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara
(ASN) akan peningkatan pemahaman akuntansi keuangan serta penajaman kemampuan
mengoperasikan aplikasi akuntansi keuangan dalam rangka kesuksesan menghasilkan
pertanggungjawaban pelaporan keuangan pemerintah daerah
Penyediaan Perangkat Keras
- Server
- Jaringan LAN
Komputer desktop dan atau laptop Back